Tips menghadapi psikotest

TIPS MENGHADAPI PSIKOTES

 

Bagi anda, alumni dari Fakultas Teknik, psikotes adalah sesuatu yang cukup asing. Proses rekruitmen dalam pekerjaan sekarang ini banyak sekali yang menggunakan instrumen psikotes. Untuk itu jika anda akan menghadapi psikotes atau tes psikologi, perlu mengetahui beberapa saran dan tips di bawah ini.

1. Sebelum Menghadapi Tes

*      Menyadari dan meyakini bahwa pekerjaan yang anda lamar sesuai dengan keinginan dan kemampuan diri anda.

*      Persiapkan mental anda. Siapkan diri anda untuk bersikap sebagai diri sendiri yang berwibawa. Siap sebelum berjuang merupakan setengah dari kemenangan.

*      Beristirahat yang cukup. Beristirahat disini tidak selalu dengan tidur, tetapi bisa juga dengan rileks, menikmati suasana hati yang tenang. Bebaskan diri anda dari suasana ketegangan baik fisik maupun mental sehingga anda mendapatkan kondisi prima ketika tes berlangsung.

*      Pastikan anda tahu tempat tes. Lebih disarankan anda melihat tempatnya terlebih dahulu.

*      Baca kembali surat lamaran dan CV anda.

*      Sebelum berangkat ke tempat tes, berdoalah terlebih dahulu. Selain itu makan dan minum secukupnya.

2. Pada Saat Tes

*      Datang lebih awal, jangan terlambat.

*      Menyiapkan diri sebagai peserta tes, yaitu mendengarkan dan melaksanakan semua instruksi dan perintah Tester.

*      Bertanyalah saat diminta bertanya, jika memang anda masih perlu penjelasan. Jangan sekali-kali anda bertanya pada saat atau di tengah-tengah pengerjaan tes.

*      Kerjakan sendiri, jangan melihat atau mencontek pekerjaan orang lain di samping anda. Berbuat curang, akibatnya sangat fatal bagi anda.

*      Mulailah mengerjakan saat diminta oleh Tester, jangan mencuri start. Dan berhenti jika waktu telah habis, jangan menambah waktu. Selain jawaban anda, hasil obsevasi Tester terhadap sikap anda pada saat tes juga menentukan penilaian.

 

CATATAN:

            Psikotes merupakan proses memprediksi individu pada saat ini dan akan dicocokkan dengan job deskripsi pada suatu pekerjaan tertentu. Jadi inti dari psikotes bukanlah mencari benar-salah, baik- buruk, maupun cerdas-kurang cerdas. Tetapi memprediksi apakah pribadi seseorang sesuai dengan posisi jabatan atau pekerjaan tertentu. Maka, ketika anda menghadapi psikotes, jadilah diri anda sendiri. SEMOGA BERHASIL!

 

Sumber:

Ø      http://irsanfinazli.wordpress.com/2008/02/25/tips-lulus-psikotes/

Ø      http://bursa-kerja.ptkpt.net